Tugas
Public Relations
Kasus:
Seorang
pengusaha akan pergi wedding party di purwakerto ,dia akan berangkat bersama
keluarganya kemudian dia membeli tiket ke sebuah travel yang dipesan untuk
keberangkatan pada minggu depan jam 14.00 karena prosesi wedding dimulai pukul
19.00.
setelah
itu hari kebrangkatan tiba, sesuai kesepakatan pengusaha dan travel tersebut
menunggu keberangkatan di rumah mereka, akan tetapi mobil travel yang mereka
tunggu belum datang juga , pengusaha tersebut complaint kepada pihak travel tersebut karena sudah
pukul 16.00 mobil yang mereka pesan belum juga datang , pihak travel pun tak
bisa berbuat apa-apa, karna mobil yang di pesan oleh pengusaha tersebut sedang
mengalami masalah teknis pada mobil tersebut, mobil yang di tunggu tersebut
datang pada pukul 18.00 WIB , dengan perasaan kesal rombongan keluarga tersebut
berangkat pada saat itu juga , akan tetapi masalah datang lagi karena mobil
yang mereka pesan tak sesuai dengan kesepakatan awal , AC mati , jendela tak
bisa di buka dan membuat suasana mobil semakin panas, ditengah perjalanan mobil
mendadak berhenti karena ban Mobil bocor karena sudah saatnya diganti untuk
perjalanan jauh, para keluarga pengusaha tersebut benar-benar sangat marah dan
tak puas dengan kinerja travel ini, setelah selesai pergantian ban.
singkat
cerita mereka telah sampai pada tempat tujuan. pada pukul 21.00 dengan hujan
yang sangat lebat , namun mobil yang membawa mereka tak dapat masuk karena gang
untuk masuk tidak bisa dimasuki mobil tersebut, dengan berat hati mereka turun
dengan hujan yang sangat lebat , mereka jalan kaki menuju lokasi wedding
tersebut. Namun sesampainya diasana acara sudah selesai. Keluarga dan pengusaha
tersebut sangatlah kesal dan dan sangat tidak puas dengan travel tersebut. Maka
dari itu esokan harinya membuat pemberitahuan lewat media Koran, untuk
memberitahukan bahwa pelayanan travel x sangat buruk , dan menghimbau aagar
masyarakat tidak menggunakan jasa trevel tersebut.
Apabila menjadi
PR/Humas dari travel tersebut langkah apa yang anda lakukan untuk mengambil
citra masyarakat ? tuliskan step by stepnya!
Jawab :
Langkah
pertama adalah melakukan penelitian
dalam hal ini adalah melakukan analisis terhadap situasi yang ada, kemudian memberi
beberapa saran terhadap pimpinan travel supaya memberi arahan kepada para
pekerja bawahan termasuk sopir yang akan memberi pelayanan kepada client harus
benar-benar sesuai dengan standart yang ada
Langkah
kedua adalah Perencanaan
(planning) Setelah mendapatkan hasil laporan yang berupa data dan fakta
dari penelitian, kemudian menyusun rencana kerja. Dalam hal ini rencana kerja
disusun tidak berdasarkan pada keinginan yang dipaksakan dan irrasional.
Perencanaan yang baik bersifat rasional, flexible, dan berkelanjut
.perencanaan yang akan saya lakukan
adalah sebagai berikut:
1. Mengubah citra
2. .Membentuk citra baru
3. Memperkenalkan perusahaan
4. Meningkatkan community relation
5. .Menentukan partisipasi pemimpin dalam kehidupan masyarakat (public
life)
6. Memberitahukan kegiatan penelitian dan
mengevaluasi
Langkah keempat adalah melakukan perencanaan tersebut:
1. Mengubah citra membangun
relations yang baik kepada client yang complaint tersebut dengan mendatangani
client yang complaint atas jasa trevel
saya, kemudian meminta maaf atas ketidakpuasan dan mengucapkan terimaksih atas
kritik yang diberikan, dan disertai memberi sebuah bingkisan disertai pemberian
penawaran diskon kepada pelanggan tersebut.
2.Membentuk
citra baru melalui media Koran membentuk citra baru ini dengan cara
melakukan testimoni lewat media Koran dengan beberapa pendapat positif dan komentar
yang membangung citra baik kepada travel saya, hal itu dilakukan secara
berkala, sehingga citra masyarakat luas terhadap jasa travel saya semakin baik.
3. Memperkenalkan Travel: melalui
Periklanan (Advertising)
baik surat kabar ataupun elektonik akan memperkenalkan jasa travel karena Dengan iklan citra suatu perusahaan
bisa menjadi lebih baik. Iklan hanya menyebutkan sisi positif perusahaan. Iklan
yang terus menerus yang ditayangkan dapat mempengaruhi pola perilaku,pandangan,
serta kepercayaanya,
4. Meningkatkan community
relation dengan cara membentuk
kerjasama antar travel, diantaranya membuat group perkumpulan travel
indonesia(misalnya) sehingga apabila terjadi hal yang kurang menyenangkan dapat
teratasi dengan bantuan komunitas yang ada misalnya adalah ketika terjadi
kekurangan mobil travel, dapat meminjam ke trevel lain dengan ketentuan yang
sudah disepakati oleh komunitas tersebut. Sehingga apabila terjadi hal yang
tersebut akan saling menguntungkan baik pihak saya maupun travel lain dan juga
dampak dari itu adalah citra perusahaan menjadi lebih baik
5.
menentukan partisipasi pemimpin dalam kehidupan masyarakat:Hal ini dapat
dilakukan dengan cara apabila ada event-event tertentu dikalangan ,pimpinan ikut
berpartisipasi dan mendukung kegiatan masyarakat tersebut,misalnya pada waktu
hari raya natal,tahun baru, dll,sehingga masyarakat menilai jika seorang
pemimpin suatu travel saya baik dan mau berpartisipasi dengan masyarakat
sekitar maka masyarakat akan memberi poin lebih kepada travel kami yaitu
pencitraan yang baik.
6. Memberitahukan kegiatan penelitian
dan mengevaluasi : setelah semua hal itu dilakukan saya akan memberitahukan
semua kegiatan yang ada kepada pemimpin dan mengevaluasi apakah semua rencana
telah berjalan dengan baik dan berhasil
Tugas kuliah akhirnya selesai.. Thanks gan
BalasHapusReferensinya darimana ya Btw
BalasHapus