Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Januari 2014

contoh kasus dan penyelesaian public relations



Tugas Public Relations
Kasus:
Seorang pengusaha akan pergi wedding party di purwakerto ,dia akan berangkat bersama keluarganya kemudian dia membeli tiket ke sebuah travel yang dipesan untuk keberangkatan pada minggu depan jam 14.00 karena prosesi wedding dimulai pukul 19.00.
setelah itu hari kebrangkatan tiba, sesuai kesepakatan pengusaha dan travel tersebut menunggu keberangkatan di rumah mereka, akan tetapi mobil travel yang mereka tunggu belum datang juga , pengusaha tersebut complaint  kepada pihak travel tersebut karena sudah pukul 16.00 mobil yang mereka pesan belum juga datang , pihak travel pun tak bisa berbuat apa-apa, karna mobil yang di pesan oleh pengusaha tersebut sedang mengalami masalah teknis pada mobil tersebut, mobil yang di tunggu tersebut datang pada pukul 18.00 WIB , dengan perasaan kesal rombongan keluarga tersebut berangkat pada saat itu juga , akan tetapi masalah datang lagi karena mobil yang mereka pesan tak sesuai dengan kesepakatan awal , AC mati , jendela tak bisa di buka dan membuat suasana mobil semakin panas, ditengah perjalanan mobil mendadak berhenti karena ban Mobil bocor karena sudah saatnya diganti untuk perjalanan jauh, para keluarga pengusaha tersebut benar-benar sangat marah dan tak puas dengan kinerja travel ini, setelah selesai pergantian ban.
singkat cerita mereka telah sampai pada tempat tujuan. pada pukul 21.00 dengan hujan yang sangat lebat , namun mobil yang membawa mereka tak dapat masuk karena gang untuk masuk tidak bisa dimasuki mobil tersebut, dengan berat hati mereka turun dengan hujan yang sangat lebat , mereka jalan kaki menuju lokasi wedding tersebut. Namun sesampainya diasana acara sudah selesai. Keluarga dan pengusaha tersebut sangatlah kesal dan dan sangat tidak puas dengan travel tersebut. Maka dari itu esokan harinya membuat pemberitahuan lewat media Koran, untuk memberitahukan bahwa pelayanan travel x sangat buruk , dan menghimbau aagar masyarakat tidak menggunakan jasa trevel tersebut.
Apabila menjadi PR/Humas dari travel tersebut langkah apa yang anda lakukan untuk mengambil citra masyarakat ? tuliskan step by stepnya!
Jawab :
Langkah pertama adalah  melakukan penelitian dalam hal ini adalah melakukan analisis  terhadap situasi yang ada, kemudian memberi beberapa saran terhadap pimpinan travel supaya memberi arahan kepada para pekerja bawahan termasuk sopir yang akan memberi pelayanan kepada client harus benar-benar sesuai dengan standart yang ada
Langkah kedua adalah Perencanaan (planning) Setelah mendapatkan hasil laporan yang berupa data dan fakta dari penelitian, kemudian menyusun rencana kerja. Dalam hal ini rencana kerja disusun tidak berdasarkan pada keinginan yang dipaksakan dan irrasional. Perencanaan yang baik bersifat rasional, flexible, dan berkelanjut .perencanaan yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:   
1.      Mengubah citra
2.      .Membentuk citra baru
3.       Memperkenalkan perusahaan
4.       Meningkatkan community relation
5.      .Menentukan partisipasi pemimpin dalam kehidupan masyarakat (public life)
6.       Memberitahukan kegiatan penelitian dan mengevaluasi
Langkah keempat adalah melakukan perencanaan tersebut:
1. Mengubah citra membangun relations yang baik kepada client yang complaint tersebut dengan mendatangani client yang complaint atas  jasa trevel saya, kemudian meminta maaf atas ketidakpuasan dan mengucapkan terimaksih atas kritik yang diberikan, dan disertai memberi sebuah bingkisan disertai pemberian penawaran diskon kepada pelanggan tersebut.
2.Membentuk citra baru melalui media Koran membentuk citra baru ini dengan cara melakukan testimoni lewat media Koran dengan beberapa pendapat positif dan komentar yang membangung citra baik kepada travel saya, hal itu dilakukan secara berkala, sehingga citra masyarakat luas terhadap jasa travel saya semakin baik.
3. Memperkenalkan Travel: melalui Periklanan (Advertising) baik surat kabar ataupun elektonik akan memperkenalkan jasa travel  karena Dengan iklan citra suatu perusahaan bisa menjadi lebih baik. Iklan hanya menyebutkan sisi positif perusahaan. Iklan yang terus menerus yang ditayangkan dapat mempengaruhi pola perilaku,pandangan, serta kepercayaanya,
4. Meningkatkan community relation dengan cara membentuk kerjasama antar travel, diantaranya membuat group perkumpulan travel indonesia(misalnya) sehingga apabila terjadi hal yang kurang menyenangkan dapat teratasi dengan bantuan komunitas yang ada misalnya adalah ketika terjadi kekurangan mobil travel, dapat meminjam ke trevel lain dengan ketentuan yang sudah disepakati oleh komunitas tersebut. Sehingga apabila terjadi hal yang tersebut akan saling menguntungkan baik pihak saya maupun travel lain dan juga dampak dari itu adalah citra perusahaan menjadi lebih baik
            5. menentukan partisipasi pemimpin dalam kehidupan masyarakat:Hal ini dapat dilakukan dengan cara apabila ada event-event tertentu dikalangan ,pimpinan ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan masyarakat tersebut,misalnya pada waktu hari raya natal,tahun baru, dll,sehingga masyarakat menilai jika seorang pemimpin suatu travel saya baik dan mau berpartisipasi dengan masyarakat sekitar maka masyarakat akan memberi poin lebih kepada travel kami yaitu pencitraan yang baik.
6. Memberitahukan kegiatan penelitian dan mengevaluasi : setelah semua hal itu dilakukan saya akan memberitahukan semua kegiatan yang ada kepada pemimpin dan mengevaluasi apakah semua rencana telah berjalan dengan baik dan berhasil

2 komentar: